Thursday, October 26, 2017

3 Cara Menangkap Layar pada Windows


Menangkap layar atau bisa dikatakan screenshot merupakan suatu hal yang biasa, namun tidak ada salahnya jika saya membahas ini. Kebanyakan orang yang belum memahami akan komputer/laptop tidak tahu cara menangkap layar ini termasuk saya dulu sebelum mendalami komputer.

Screenshot adalah merekam gambar yang ada pada sebuah komputer/laptop dan menyimpan gambar tersebut di komputer kita. Saya bertanya-tanya bagaimana caranya menangkap layar ini, dan ternyata itu sangat mudah. Di bawah akan saya jelaskan beberapa cara untuk menangkap layar tersebut.

Berikut 3 cara untuk menangkap layar di komputer


Cara Pertama

Cara yang pertama yaitu menekan tombol Prt Sc/Sys Rq kemudian buka Program Paint di komputer dengan menekan tombol Windows + R dan ketikan di kotak Run "mspaint" tanpa tanda petik. Setalah itu tekan tombol CTRL+V untuk menempel gambar tersebut kemudian klik simpan. Dengan cara ini, screenshot yang di ambull adalah full screen atau seluruh area layar. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video berikut.

Cara Kedua

Cara yang kedua yaitu menekan tombol Windows + Prt Scr/Sys Rq, dengan cara ini komputer/laptop akan menangkap layar secara full screen dan menyimpannya di folder Picture>Screenshot. Jangan kaget ketika layar menjadi redup selama 1 detik itu menandakan windows sedang menangkap layar di komputer/laptop anda. untuk lebih jelasnya silahkan lihat video berikut.

Cara Ketiga

Cara yang ketiga yaitu dengan menggunakan software, untuk softwarenya silahkan download lightshot disini

Dengan menggunakan software ini kita dapat menangkap layar sesuai kehendak kita jadi tidak selalu full screen layar yang di tangkap layar yang ditangkap tergantung keinginan kita. Untuk menangkap layar menggunakan software ini terdapat 2 cara

Pertama dengan menekan icon lighshot di icon hidden di taskbar kemudian select layar yang akan di tangkap layarnya dan simpan. Agar lebih jelas silahkan lihat video berkut. 

Kedua dengan menekan tombo Prt sc di keyboard kemudian select layar yang akan di tangkap layar kemudian simpan. Agar lebih jelas silahkan lihat videonya berikut.


Mungkin hanya itu saja pada postingan saya kali ini, semoga bermanfaat. terima kasih. Jika anda mempunyai pertanyaan silahkan tulis pertanyaan anda pada kolom komentar.


EmoticonEmoticon